Rahasia Jitu Mendesain Yang Optimal Untuk Cetak Kaos DTG

Adalah salah kaprah jika desain untuk cetak DTG disamakan dengan desain tampilan mockup, mengapa demikian? karena tujuannya sudah berbedadan resolusi yang diperlukan juga berbeda. Agar hasil cetak DTG maksimal harus ada optimalisasi ukuran pixel terhadap sebuah gambar / desain.

Syarat hasil cetak yang bagus bukan terletak pada isi desainnya akan tetapi memiliki komposisi proporsionalitas yang telah memenuhi standarisai media cetak pada sebuah file gambar / desain. Penting untuk di perhatikan bila menggunakan editing tool berbasiskan raster bitmap ( photoshop, Gimp, any image editing tool) perhatikan setting pada image size dan printing size-nya.

Kebanyakan orang menyepelekan masalah ini. kebutuhan utama cetak DTG adalah file yang memiliki resolusi DPI (dot per inch) sebesar 300dpi.
Untuk menentukan kerapatan pixelnya bisa di setting pada document size-nya, disitu akan otomatis terkonversi antara pixel size dengan size /inch atau size /cm. perhatikan pada gambar yang diberi highligth;

desain sablon kaos DTG
dialong new image pada potoshop
desain sablon kaos DTG
dialong new image pada gimp

"semisal file yang akan dicetak ukuran A4 maka setting pada document size 21 cm x 29.7 cm maka pixel size-nya otomatis akan ter-setting 2480 x 3508 pixel /inch pada setting resolusi 300 dpi"
Berbeda jika sebuah desain di bikin dengan tool yang berbasiskan vektor (corelDraw, Inkscape, ilustrator, any other drawing tool) maka langkah awal adalah setting pada "dialog file document" atau pada "dialog export to png" terdapat kolom resolusi yang harus diisikan dengan nilai dot per inch. 

Karena file yang dibutuhkan adalah file berekstensi PNG yang mana area desain yang tidak akan dicetak akan terbaca transparan pada file PNG, hal penting pada setting menu export PNG image resolutiion harus 300dpi sedangkan untuk pixel size sudah diwakili oleh document size-nya.

Perhatikan pada gambar peraga dibawah;
desain sablon kaos DTG
dialog export to png pada inkscape
desain sablon kaos DTG
dialog export to png pada coreldraw
desain sablon kaos DTG
dialog export to psd pada ilustator

Contoh dari 3 aplikasi drawing tool yang umum digunakan. untuk inkscape dan coreldraw pada dialog export to png relatif sama perhatikan pada area yang diberikan highligh menunjukan resolusi dan color mode = rgb, maka akan terbaca transparan pada desain yang tidak akan di cetak.

Khusus untuk aplikasi ilustrator. aplikasi ini sangat unik karena tidak ada fitur export to png, sehingga cara yang tepat adalah export to psd (potoshop) agar terjaga ara transparan dan resolusi pada 300dpi.

OurMap